Minggu, 11 Oktober 2009

pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan (studi kasus pada robinson departemen store)

Masalah dan Latar Belakang
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dapat meningkatkan kualitas kegiatan pelayanan sehingga konsumen merasa puas terhadap pelayanannya dan dapatkah menghadapi persaingan dengan perusahaan dan apakah terdapat hubungan antara pelayanan dan kepuasan pelanggan?
Tujuan Penelitian
Untuk menemukan bukti empiris untuk menguji variabel kondisi-kondisi yang memfasilitasi hubungan kepuasan pelanggan dan kepuasan pelayanan terhadap customer.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan riset kepustakaan, data dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner dengan wawancara langsung terhadap karyawan dan staff. Dan konsumen untuk mendapatkan analisis faktor internal dan eksternal, penentuan sampel dengan metode analisis korelasi dan regresi. rumus korelasi: dan rumus regresi:
Dan hipotesis, penelitian ini sebagai berikut: Ho:Tidak ada hubungan antara pelayanan dan kepuasan pelanggan, dan Ha: ada hubungan antara pelayanan dan kepuasan pelanggan.
Hasil penelitian
Berdasarkan hasil perhitungan analisis korelasi 75,88% maka hal ini menunjukkan bahwa pelayanan yang diterapkan terhadap tingkat konsumen terjadi hubungan positif berdasarkan koefisien korelasi dilihat dari tabel interprestasi nilai r rendah berarti pad pelayanan yang diterapkan rendah pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen robinson deot. store sedangkan analisis determinasi variabel pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 57,6% dan 4,7% disebabkan faktor lain. Dari hasil analisis regresi didapat hasil y=15,25+0,8x, untuk mengetahui berpengaruh tidaknya dari pelayananya terhadap kepuasan konsumen maka melakukan uji hipotesisi maka menghasilkan 11,5>4,542 maka Ho ditolak dan diterima Ha berarti ada hubungan antara pelayanan dan kepuasan pelanggan pada dept.store, sedangkan jadi yang harus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan menghadapi persaingan dari luar, sikap petugas pelayanan terlalu fokus terhadap pemajangan produk sehingga konsumen tidak terlayani dengan baik maka sebaiknya pemajangan produk dilakukan malam hari, jadi siang harus dapat fokus memberikan pelayanan kepada konsumen dan mencatat pengaduan konsumen tiap hari sehingga tau pengaduan apa saja.

1 komentar: